Memunculkan judul tabel pada tiap halaman pada Word 2007

Pada Postingan sebelumnya saya mengemukakan tentang cara membuat Mail merge pada office 2007, Saat ini saya masih ingin ‘membedah’ MS word 2007 yaitu aplikasi Microsoft Word 2007 memunculkan baris header tabel pada tiap halaman Microsoft Word.
Saat kita menggunakan fasilitas tabel pada aplikasi Microsoft Word, terdapat  (baris judul tabel), misalnya pada contohdi bawah ini saya sampaikan pembuatan daftar nama santri TPA Darul Huda Polowidi Trimulyo Sleman, baris judul tabel ini yaitu nomor, nama, alamat, Kelas, Iqro Jilid dan keterangan. 

Pada file ini jumlah halaman lebih dari satu halaman, maka pada halaman berikutnya tentu  tidak terdapat baris judul tabel tersebut karena tabel akan bersambung otomatis pada halaman berikutnya. Yang ada pada halaman berikutnya yaitu berupa garis-garis tabel tanpa terdapat baris judul tabel.
Kita dapat memunculkan baris judul tabel ini tanpa perlu membuat tabel baru pada halaman berikutnya, dan memunculkan baris judul tabel  ini tidak menggangu tabel yang telah dibuat, tetapi berfungsi secara otomatis pada halaman-halaman selanjutnya dari file word yang kita buat.

Berikut cara untuk memunculkan baris judul tabel pada tiap halaman
1.   Blok judul tabel yang akan dimunculkan pada tiap halaman
2.   Klik kanan pada judul header setelah di blok
3.   Pilih Tabel Properties

4. Pada Menu Tabel Properties, pilih Row
5. Pada menu Row, hilangkan tanda centang "allow row break acroos page"
6. Kemudian beri centang pada "repeat as header row at the top of each page"
7. Klik OK
Hasilnya menjadi seperti ini
Sangat mudah kan? 

Untuk memastikan cara diatas berfungsi otomatis, sebaiknya tabel yang dibuat telah lebih dari satu halaman agar jika terdapat perubahan pada halaman selanjutnya otomatis tabel akan berubah juga.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…
Man Jadda Wa Jadda !!!

Oleh : Nuri Ardiansyah 









3 komentar:

  1. makasih agan, nice info, tambah ilmu

    BalasHapus
  2. Terimakasih, sangat bermanfaat sharingnya.....

    BalasHapus
  3. Waaah Mudah sekaliii...hahaha
    disaat genting dpt info dr sini
    Makasihhh

    BalasHapus