Tulisan Smile

10 oktober 2010

First you make habit and then the habit will make you..
Itu kalimat awal yag saya sampaikan kepada temen2 pada smile (SMA 1 Sleman) edisi pertama kemarin..
Materi yang bertemakan Akhlak saya mulai dengan pernyataan di atas.
Seperti apa itu mas?
feel -> think -> word -> action -> habit -> character
Bagaimana kamu mengenali karaktermu?
Tentu saja karakter yang akan kamu munculkan tentunya tidak jauh dari kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan.
Yah, memang benar bahwa kebiasaan kebiasaan kita sehari-harilah yang akan membentuk karakter kita.Kmudian dari mana kebiasaan itu muncul? kebiasaan itu muncul dari tindakan (action) kita sehari-hari yang kemudian diulang-ulang (the power of repeating), Sekarang mulailah saatnya untuk menidentifikasi kebiasaan-kebiasaan kita, merupakan kebiasaan yang baik atau yang buruk, jika memang kebiasaam kita baik maka pertahankan, tapi jika kebiasaan kita buruk maka segera block -> delete.

Karena seperti yang saya sampaikan di awal tadi kebiasaan kitalah yang akan membentuk karakter kita menjadi seperti apa.Kebiasaan yang terdiri atas perbuatan (action) kita yang terulang-ulang.
Lalu apa yang mempengarui tindakan/perbuatan kita itu?
Perbuatan perbuatan kita dipengaruhi oleh ucapan/perrkataan kita, bagaimana sebuah perkataan itu akan mengilhami langkah2 kita, maka dari itu penting untuk kita dari sekarang meminimalisir penggunaan kata-kata negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Belum berhenti di situi, kata-kata yang kita ucapkan ternyata juga ada yang mempengaruhi, apakah itu ?
Yah, itu adalah pikiran, bagaimana sesuatu yang kita katakan berasal dari dalam pikiran kit, jadi perkataan seseorang dapat mencerminkan apa yang ada di dalam pikirannya, atau seperti apa orang tersebut
Setelah dirunut ternyata seperti itu ya, cukup panjang prosesnya.. tapi perlu diingat ada satu lagi yang dapat mengendalikan pikiran kita ? Sesuatu yang lebih luar biasa dari pikiran ? Apa itu?
Dari buku Quantum Ikhlas, bahwa pikiran kita (pikiran sadar) ternyata dapat dikendalikan/dipengaruhi/dikontrol oleh sesuatu yang luar biasa yaitu pikiran bawah sadar (Qolbu), So, mulai dari sekarang mari mulai untuk sering berkomunikasi dengan hati karena hati menyimpan potensi yang luar biasa.
Berkaitan dengan akhlak, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh temen-temen ketika bahwa akhlak menurut persepsi mereka adalah perilaku, maka saya hubungkan darimana akhlak itu dimunculkan, karena tentu saja seorang yang ingin memiliki akhlak mulia tidak bisa dengan begitu saja, tapi membutuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupannya sehari-hari, Saya berpesan kepada temen-temen dengan sebuah lagu, "AWALI DENGAN BASMALLAH, AKHIRI DENGAN ALHAMDULILLAH" semoga dengan ini menjadi awal yang baik.

Wallahu 'alam bisshowab

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar