6 Kesalahan Besar Pengusaha

“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”







Segala sesuatu yang dijalankan dengan ilmu tentu akan mendapatkan hasil terbaik, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Begitu pula dengan sebuah bisnis, harus dijalankan dengan ilmu, berlandaskan ilmu. Nah, ada 6 kesalahan Terbesar yang sering dilakukan oleh pengusaha (adopsi materi 6 biggest mistake, iibf) yang menyebankan usaha/bisnisnya jatuh dalam sebuah kegagalan, anehnya terkadang yang dilakukannya itu dianggap benar dan dia tidak menyadari kesalahan tersebut. Nah apa saja 6 biggest mistake itu:

1. Obsession with the Product 
Terlalu teropsesi dengan produk, tidak mau melihat kebutuhan pasar (permintaan pasar) tapi terlalu fokus dengan yang produk yang dipunya (saya bisanya buat ini, itu dan itu, tapi pertanyaannya adalah apakah pasar membutuhkan itu atau tidak?) anda bisa cipatakan produk yang menurut anda bagus, tapi pasar tidak menerima/tidak ada permitaan pasar, maka produk anda tersebut tidak akan laku juga. market/pasar memegang hal yang mendasar dalam bisnis kita, maka tidak heran seorang abdurrahman bin auf yang dahulu saat dipersaudarakan dg sa'ad bin rabi dan ditawari dengan harta kebun dimilikinya, tapi beliau menolak dan menjawab ' cukup tunjukkan dimana letak pasar(market?' kalau saja kita bisa memahami maksud perkataan dari abdurrahman bin auf tersebut, maka kaya tinggal menunggu waktu saja, hehe...

2. Speed
Kesalahan kedua adalah ingin terlalu cepat, tidak sabar dengan proses, sehingga tidak sadar mudah terjatuh. Saran untuk mengatasinya adalah Ikuti prosesnya, Nikmati dan Siapkan diri untuk terus tumbuh.

3. Technical Success 
Kesalahan selanjutnya yang terjadi adalah kita terlalu banyak terjebak pada proses (operasional), saat kita terjebak di sana maka kita tidak akan sempat memikirkan hal-hal strategis dan esensial. atau dalam bahasa jaya setiabudi yang dinamakan dengan teknisi karatan. Ini biasa terjadi pada bisnis yang kita sangat ahli di bidang teknisnya. 
Bussiness Success need Bussiness Skill not technical skill.

4. Irrational Exuberance (Nekat Tanpa perhitungan)
Kesalahan keempat adalah pengambilan keputusan bisnis yang diambil dengan mengutamakan emosi daripada logika. Terlalu berekspektasi dengan ide. Bisnis dalam fase growth yang rawan mengalami hal ini, terjebak pada hutang dan lain sebagainya.  
#Ingat dengan Disiplin Bisnis IIBF "Memutuskan dengan Intelektual"

5. Lack of 2nd Idea
Kehabisan Ide- Ide baru, lupa berinovasi dan tidak mengenali kompetitornya sehingga dalam suatu periode terlibas oleh kompetitornya, coba lihat jalan bisnis dan nokia. 

6. Run Out of Cash
Cash is blood of your bussiness, Cash adalah darah dari bisnis kita, kehabisan cash berarti anda kehabisan darah, sehingga ada 2 pilihan (1. Mati , tutup, bangkrut atau 2. tranfusi darah, hutang, nambah hutang, dll). Tidak bisa membedakan mana cash mana profit, Tidak tau cara bermain
Mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis 
Kesalahan keenam ini adalah kesalahan fundamental yang tidak hanya dialami oleh pebisnis dengan omset kecil, bahkan yang omsetnya milyaran pun banyak yang mengalaminya. Ketidakfahaman terhadap financial (keuangan) adalah lampu merah bagi para pebisnis
Solusinya adalah Belajar Financial Literacy


Sekian sharing tentang 6 biggest Mistake, Materi bahasan di IIBF yang menyadarkan banyak pengusaha. Semoga bermanfaat


Salam 
Nuri Ardiansyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar