AKHLAK REMAJA MUSLIM & BIRRUL WALLIDAIN

“Dan hanya kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (syurga).” (QS. An Najm : 31) 

What is Akhlak?
Akhlak, menurut Imam Al Ghazali, adalah sifat yang tertanam di dalam jiwa yang menimbulkan sikap continue, terus menerus, spontan, mudah tanpa memerlukan pertimbangan pemikiran maupun dorongan motivasi. Akhlak yang baik bagi seorang muslim adalah akhlak yang sesuai dengan AL Quran dan Al Hadits. Jika seorang muslim telah memiliki sifat seperti yang disebut diatas, maka akan terbentuk pribadi yang memiliki sifat matinul khuluq / akhlak yang bagus (QS. 3:11-12,16,17)
Oleh karena itu, Akhlak remaja muslim kayak kita ini harus bersifat matinul khuluq artinya terhadap sesama muslim kita harus berAkhlak sesuai dengan hak dan adab kaum muslimin. Karena apa? Karena menunaikan hak dan adab kaum muslimin adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dan sebagai suatu cara mendekatkan diri kepada-Nya. Klo gitu… brarti Akhlak yang baik adalah Akhlak yang keren di mata Allah, Guys!

Nah, berikut adalah Hak dan adab sesama muslimin (pokoknya bakalan bikin kita keren.) :
1. Mengucapkan salam
2. Mendoakan sewaktu bersin
3. Menengok sesama muslim yang sakit
4. Menyaksikan jenazah bila meninggal
5. Menghargai sumpah
6. Memberi nasehat dalam hal haq / kebenaran
7. Mencintai sesama muslim seperti mencintai dirinya sendiri
8. Menolong jika dibutuhkan
9. Tidak menimpakan keburukan atau sesuatu yang tidak disenangi kepada orang lain
10. Merendahkan diri dan tidak sombong terhadap sesama muslim
11. Tidak berselisih sesama muslim selama lebih dari tiga hari
12. Tidak menggunjing, menghina, mengejek, memanggil dengan sebutan yang buruk
13. Tidak mencaci dan mencerca sesama muslim tanpa hak sewaktu ia hidup atau telah meninggal
14. Tidak iri hati, dengki dan su’uzhon, membenci dan mencari-cari kesalahan orang lain
15. Tidak menipu dan mengecoh
16. Tidak berbuat khianat, berdusta, dan menangguhkan membayar hutang 
17. Berlaku adil seperti terhadap diri sendiri
18. Menghormati yang tua dan menyayangi yang muda
19. Memaafkan kesalahan orang lain dan menutupi aibnya
20. Memohonkan perlindungan serta mendoakan sesama muslim

Teruuss….masih seputar Akhlak, sebenarnya tuh sumber Akhlak ada dimana sih?
a. Al Qur’an
b. Sunnah Rasul
c. Qolbu yang mendapat cahaya dari Allah

Faktor pembentuk Akhlak apa aja ya?
1. Al-Wiratsiyyah : Genetik 
2. An-Nafsiyyah : Psikologis
3. Syari'ah Ijtima'iyyah : Sosial/Lingkungan
4. Al-Qiyam : Nilai Islami

Akhlak bagi seorang muslim tu penting banget lho, karena keutamaan Akhlak :
1. Menentukan derajat keimanan seseorang
2. Akhlak adalah buah ibadah (QS. 48 : 29)
3. Keluhuran Akhlak merupakan amalan terberat dalam timbangan amal di akhirat.
4. Akhlak adalah perlambang kualitas seorang manusia, masyarakat dan negara.

Ada yang penting yang harus kita tahu juga nih! Bahwa akhlak muslimin yang paling diutamakan adalah dapat menyimpan rahasia, menutupi aib orang lain, dan menyayangi yang muda serta menghormati yang tua, juga menjaga pergaulan dengan lawan jenis.

Pertama : Rasulullah bersabda :
“Bukan dari golongan kami orang yang tidak menghormati yang tua, dan menyayangi yang muda dari kami”.
Kedua. Sesama muslim juga harus saling menjaga rahasia, yaitu rahasia yang berkenaan dengan pribadi muslim maupun yang berkenaan dengan perjuangan islam. Menjaga rahasia merupakan janji dan janji harus ditepati (Q.S. 17:34).
Ketiga. Sesama muslim juga hendaknya saling menutupi aib atau dosa. Allah SWT tidak menghendaki berita perbuatan keji tersebar diantara orang-orang yang beriman. Bahkan Allah SWT mengancam adzab yang pedih bagi yang menyebarkannya (Q.S. 24:19). Allah SWT mengibaratkan mereka yang menggunjing/menggosip (ghibah) satu dengan lainnya seperti memakan bangkai saudaranya sendiri (Q.S. 49:12). Pada gak mau kan makan bangkai?? Maka Rasulullah menganjurkan:
“Tidaklah seorang hamba menutup aib hamba lainnya, kecuali Allah SWT menutupi keburukannya pada hari kiamat”.
Intinya, jangan pernah ngegosip deh sodara-sodara!! Karena kalau berita aib itu benar, itu disebut ghibah, dan klo ternyata berita aib itu gak benar, itu bisa jadi fitnah. Bahaya kan!

Keempat. Dalam pergaulan di tengah masyarakat, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu Etika Interaksi muda-mudi :

a. Menutup Aurat 
b. Menjaga Pandangan 

Menjaga pandangan termasuk di dalamnya ghodhul bashor. Opo meneh kuwi?? Ghodhul bashor artinya menahan pandangan, maksute ki dalam melihat lawan jenis, tidak boleh melepaskan pandangan begitu saja tanpa kendali. Dalilnya dalam QS. An Nuur:30-31. Bukannya cinta itu berawal dari mata kemudian turun ke hati, terus turun ke…? Eh, ini bener lho, dalam hadits juga ada. 
“Janganlah kamu mengikuti pandangan pertama dengan pandangan berikutnya, karena pandangan pertama adalah hakmu, dan berikutnya adalah dosa”

c. Menghindari Kejadian Jabat Tangan
Rasulullah SAW mengajarkan bahwa untuk lebih menyempurnakan salam dan mempererat tali ukhuwah islamiyah, sebaiknya ucapan salam diikuti dengan berjabat tangan (jika memungkinkan). Rasulullah bersabda :
“Tidaklah dua muslim bertemu, lalu bersalaman, melainkan Allah mengampuni dosa-dosa keduanya sebelum mereka berpisah” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).
Namun, anjuran untuk berjabat tangan tidak berlaku untuk pria dan wanita kecuali antara suami istri atau antara seseorang dengan mahram. Salah satu hikmah larangan tersebut sebagai tindakan preventif dari perbuatan yang lebih besar dosanya yaitu perzinaan. Bersentuhan (walaupun hanya sebatas tangan) bisa menjadi pintu untuk memasuki kawasan yang lebih berbahaya lagi. Lho ya, baru tahu to?
Nabi Muhammad bersabda : “Sesungguhnya aku tidak pernah berjabat tangan dengan wanita”
d.Tidak Ikhtilat dan Tidak Berdesakan
Ikhtilat adalah bercampur baur, berdesakan antara laki-laki perempuan tanpa ada yang memisahkan. Contoh klo lagi ada konser musik, wah ikhtilat banget tuh…
e. Menghindari Khalwat
Khalwat itu apa sih? (Khalwat lho ya! Bukan Kawat!!) 
Khalwat itu adalah berdua-duaan antara pria dan wanita yang tidak punya hubungan suami istri dan tidak pula mahram, tanpa adanya orang ketiga. So, jangan pernah pacaran deh, Rasulullah aja sangat melarang berkhalwat, simaklah hadits berikut :

“Janganlah berkhalwat dengan wanita, demi Allah yang diriku berada dalam genggamannya, tidaklah berkhalwat seorang laki-laki dengan seorang wanita kecuali syaitan akan masuk di antara keduanya. (HR. Tabrani)

f. Menjauhi Perbuatan Dosa

Harapannya setiap muslim seperti kita yang caim (cakep n imut he…he…) mampu menerapkan Akhlak tersebut dalam berinteraksi keseharian maupun dalam beraktivitas. Karena penerapan Akhlak yang baik akan membawa kepada sikap dan perilaku saling memahami dan saling memaklumi yang akan memperkokoh ukhuwah Islamiyah. Betul???!


AKHLAK BURUK, NO WAY!!
Nah, selanjutnya ada juga nih….biang keladi Akhlak yang bikin kita jadi gak keren di mata Allah, karena bertentangan dengan perintah dan larangan-Nya. Apa aja itu ? Jangan kaget ya!!! Ni dia Akhlak Fatamorgana… 
1. Pacaran
Pacaran adalah pertemuan rutin dengan kekasih untuk menumpahkan segala hasrat dengan bumbu tertentu seperti bergandengan tangan, saling pandang, ciuman hingga berpelukan. 
” Dan janganlah kamu mendekati zina (mendekati zina adalah segala tindakan yang menjurus kepada zina, seperti berpandangan, berdua-duaan, bergandengan tangan, berpacaran, berciuman, dan seterusnya), sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” (Q.S. Al-Isra : 32).
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra katanya : Rasulullah SAW bersabda: “ Allah SWT telah mencatat bahwa anak Adam cenderung terhadap perbuatan zina. Keinginan tersebut tidak dapat dielakkan lagi, dimana dia akan melakukan zina mata dalam bentuk pandangan, zina mulut dalam bentuk pertuturan, zina perasaan yaitu bercita-cita dan berkeinginan mendapatkannya hingga kemaluan ikut memastikan perzinaan itu. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad)

2. Seks Bebas 
Pacaran yang kebablasan menjadi penyebab terjadinya Seks Bebas. Seks bebas bisa diartikan terjadinya hubungan layaknya suami-istri antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat pernikahan.. Lebih lanjut ( ini kata pakar kesehatan lho ) seks bebas menjadi sebab munculnya penyakit pada alat kelamin..ngeriii banget kan.. makanya Yuk kita hindari penyebab-penyebabnya lebih awal..soalny kalo sudah ketagihan bakalan susah ngobatinnya.. gak mau kan kita kena penyakit kelamin..na’udzubillahi min dzalik..

3. Narkoba
Ciri-ciri pecandu :
a. kesehatan dan emosi ditandai dengan banyak menguap padahal tidak mengantuk, batuk, pilek berkepanjangan
b. perubahan sikap pribadi ditandai dengan sikap sering mengunci diri dalam kamar
c. masalah uang harta benda ditandai dengan sering mengaku tidak punya uang, barang miliknya/keluarga sering hilang
d. prestasi akademiknya menurun karena motivasi belajarnya menurun

Dampak yang dihasilkan :
a. darah mengandung racun sehingga mengganggu kinerja darah dan dapat menyebabkan mati mendadak (sakau, sekarat)
b. merusak organ syaraf penting yaitu otak
c. merusak hati
d. merusak indra hidung, telinga dan tenggorokan
e. merusak keturunan
f. mengganggu janin dan bayi yang masih menyusu
g. bertindak kriminal : mencuri, menodong, merampok, dsb
h. akhlak buruk; berupa ucapan maupun perbuatan
i. bersikap dictator, egois dan sewenang-wenang

4. Rokok
Akibat yang ditimbulkan :
a. memendekkan umur hingga 11 tahun
b. menyebabkan penurunan kemampuan laki-laki dalam membibit anak
c. setelah dilakukan penelitian 4327 kali, nikotin mempengaruhi sel sperma
d. umur pecandu rokok berkurang 14 tahun
e. menyebabkan penyakit jantung
(Peringatan! rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.) 
Udah jelas to bahayanya! Sayang banget kan, klo hidup kita harus berakhir dengan batangan-batangan rokok. Udah gak baik buat kesehatan badan, buat kesehatan dompet juga, kan bikin cepet bokek!! Mending buat beli choki-choki…^_^

5. Minuman Keras (Khamar)
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”(QS. 5:90)

6. Gila Mode dan Lupa Aurat
Bahaya aurat perempuan bagi laki-laki :
a. melalaikan tugas dan kewajibannya karena terganggu oleh penampilan lawan jenis
b. Munculnya keinginan bertindak kriminal yang direncanakan
c. Luasnya kesempatan untuk mengarahklan pandangan kepada lawan jenis
d. Hilangnya martabat laki-laki jika istri atau keluarganya memamerkan auratnya

“ Siapapun perempuan yang melepaskan pakaiannya (menampakkan auratnya) bukan dirumahnya sendiri, maka Allah akan merobek tirai kehormatannya (tidak ada penyelamat baginya). “ (HR Ahmad, At Thabrani dan Al Hakim)

“ Ada dua golongan dari ahli neraka yang siksanya belum pernah saya lihat sebelumnya, 1. kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang digunakan memukul orang (ialah penguasa yang dhalim) 2 wanita yang berpakaian tapi telanjang (auratnya kelihatan) yang selalu maksiat dan menarik orang lain untuk berbuat maksiat. Rambutnya sebesar punuk unta. Mereka tidak akan masuk surga, bahkan tidak akan mencium wanginya, padahal bau surga itu tercium sejauh perjalanan yang amat panjang, “ (HR. Muslim)

7. Berperilaku Konsumtif
Indikator perilaku konsumtif :
a. membeli produk karena iming-iming hadiah
b. membeli produk karena kemasannya menarik
c. membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi
d. membeli produk atas pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat)
e. membeli produk hanya sekedar menjadi simbol status

“ Hai bani Adam, pakailah perhiasan kamu sekalian ketika akan melaksanakan shalat kemudian makanlah dan minumlah tapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”
Rasulullah SAW bersabda : “ Makanlah, minumlah, berpakaianlah dan bersedekahlah kamu sekalian dengan tidak berlebihan dan sombong “

8. Menyontek pas ulangan (masuk dalam kategori tindak penipuan terhadap diri sendiri dan kecurangan, dijerat dengan pasal dalam QS. 83:1, dan dikenai sanksi moral ngisin-ngisini wong tuwone)

9. Percaya Ramalan Bintang
Percaya pada ramalan bintang termasuk syirik. Imam Al Qurthubi menjelaskan bahwa :“ Ramalan bintang tidak ada faedahnya sama sekali dan tidak menunjukkan celaka atau bahagianya (seseorang). Ramalan tersebut tiada lain adalah penentangan terhadap Al Qur`an yang agung. SIkap pertentangan terhadap Al Quran berarti telah menghalalkan darah orang yang melakukan ramalan bintang itu “
“ Aku takutkan pada umatku setelah aku tiada atas dua perkara; mendustakan qadar dan percaya pada ramalan bintang “ (HR. Ibnu Uyainah)

Nah lho!! Jadi mulai sekarang gak usah lagi baca “zodiak kamu bulan ini” di majalah-majalah remaja ya!! Percaya aja deh sama Allah, Dialah Yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu, dan akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Yakin deh, asal kita mau jadi hamba-Nya yang taat!! Satu lagi pesan sponsor : Jangan korbankan kesenangan akhiratmu yang kekal demi kesenangan duniamu yang sesaat. Okey guys??!
Jadi coba deh, kita sama-sama merenung. Sudahkah kita berAkhlak Islami? Klo belum, sudahkah kita berusaha berAkhlak Islami? Klo belum lagi, sudahkah kita berniat akan berAkhlak Islami? Klo belum lagi…..Wuaaaah kelewatan banget kita, ya?!



Maroji’ / Referensi :

a. Abu Bakar Jabir Al Jazairi. 1996. Pedoman Hidup Muslim (diterjemahkan oleh Hasanudin dan Didin Hafidhudin). Litera Antar Nusa. Bogor-Jakarta

b. www.isnet.com. Urgensi Akhlak!

Materi SMILE SMU N 1 Sleman 2009


BIRUL WALIDAIN
Apaan tuh? 
Artinya berbakti kepada ortu.
Mengapa kita mesti berbakti kepada orang tua ?
1. Karena berbakti kepada orang tua adalah kewajiban ( QS. Al Ankabut : 81 )
2. Perhatian yang begitu besar dari Allah terhadap orang tua ( QS. An Nisa : 36 )

Bagaimanakah cara kita berbakti kepada orang tua ?
1. Jika orang tua masih hidup :
a. Mentaati segala perintahnya, selama perintah itu bukan maksiat ( sebagaimana firman Allah dalam QS. Luqman : 15 )
b. Bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut ( QS. Al – Isra : 23 – 24 )
c. Membantu dengan harta
d. Mendo’akan keduanya
e. Tidak menyakiti hati keduanya ( ingat, ridho Allah tergantung ridho orang tua dan marah Allah tergantung juga marah orang tua kita )

2. Jika orang tua sudah meninggal dunia :
a. Mendo’akan keduanya selalu
b. Membayarkan hutang keduanya ketika masih hidup
c. Memulyakan tamunya
d. Memelihara hubungan dengan sanak saudaranya
e. Melaksanakan amanahnya selama tidak maksiat.

Keutamaan apa yang kita dapat jika kita berbakti kepada orang tua ?
a. Berbakti kepada orang tua adalah amal perbuatan yang paling disenangi oleh Allah ( HR. Bukhari Muslim )
b. Orang tua bagaikan pintu surga yang paling tengah, tergantung kita apakah kita mampu memperolehnya / menggunakannya ( HR. Turmudzi )
c. Berbakti kepada orang tua adalah merupakan kewajiban dan ibadah (QS. Luqman : 14 dan QS. Al – A’raf : 15 )

So, berbaktilah kepada orang tua kita. Jangan jadi anak durhaka yaaaa !!!! ^_^


Maroji’ / Referensi :

Panduan MAI, IQRA’ Club, Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar